Jumat

Butik Ivan Gunawan

Gaun Malam dan Pengantin Bergaya Glamour

Butik Ivan Gunawan (BIG) berdiri pertama kali di daerah Radio Dalam. Baru sekitar tahun 2006 Ivan pindah ke butik di jalan Kerinci dan me-make over rumah tersebut.

Yang menjadikan butik ini terkesan unik adalah desain ruangannya. Ivan Gunawan menyebut kreasinya itu sebagai klasik modern dengan sentuhan eklektik. Tiga napas tersebut berasal dari tiga kultur yang berbeda. Napas Eropa lewat gaya victorian didapat dari pengalaman dia tinggal di Rusia. Sementara klasik didapat dari nuansa oriental.

Terakhir, nuansa eklektik dipadukan Ivan lewat perpaduan koleksi personal dalam warna. Sejak pertama kali disewa, Ivan sudah beberapa kali merombak butik tersebut. Bukan perombakan besar, tetapi mengubah warna cat dan isi interiornya.

Rancangan pertama yang dibuat Ivan adalah gaun malam untuk kawula muda. Selain itu, ia juga membuat baju pengantin. Semua itu dibuat berdasarkan pesanan.

Gaun-gaun yang tersedia di BIG sangat berkualitas, variatif dan elegan. Misalkan gaun malam dengan bahan sifon serta manik-manik yang sangat cantik bila perempuan muda yang memakainya. Gaun malam dan Gaun Pengantin dijual dengan harga Rp 4 juta – Rp 8 juta.

Namun, untuk gaun malam yang simpel dijual dengan harga 1,5 juta.Gaun-gaun buatan Ivan diberinya brand BIG. Dan, yang membuat gaun buatannya terlihat lebih dinamis, elegan, dan berjiwa muda

Dari segi warna serta corak yang digunakan, Ivan sangat berani mencampurkan warna yang ngejreng.Untuk menjaga konsumen agar tidak pindah ke desainer lain, Ivan selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

Biasanya pelanggan akan diberikan waktu untuk ketemu dirinya supaya bisa diskusi gaun seperti apa yang mereka mau serta pada saat proses fitting, Ivan akan selalu ada. Hal inilah untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.

Dalam sebulan Ivan bisa membuat 20 gaun baik gaun pengantin maupun gaun malam. Untuk belanja bahan baku, Ivan tidak ada tempat khusus. ”Semua tempat yang ada bahan bagus di Jakarta akan saya datangi”, imbuhnya.

Mulai dari ITC Mangga Dua, D-Best Fatmawati, Pasar tanah Abang, Pasar Baru, Pasar Mayestik bahkan hingga ke Singapura akan didatangi untuk mencari bahan yang sesuai dengan yang diinginkan. Sejauh ini, bahan yang sering digunakan broklat dan sifon yang bahannya ringan, halus, tipis dan tembus pandang.