Jumat

9Months Martenity Boutique

Laba Gemuk Wanita Berbadan Dua

Wanita modis itu biasa. Bagaimana dengan wanita hamil? Tentu saja, mereka tetap bisa tampil modis. Apalagi banyak yang bilang bahwa wanita hamil justru bertambah seksi. Masalahnya: tidak mudah menemukan baju yang sesuai ukuran tubuh wanita hamil, terutama yang mengikuti mode.

Nah, ceruk pasar inilah yang dibaca oleh butik baju hamil. Seperti yang diungkapkan oleh Prilly Radhitya, Direktur Eksekutif 9Months Maternity Boutique, di bawah bendera PT Daraya Multi Nine. “Tahun 2000, toko yang menawarkan baju hamil masih sedikit. Inilah alasan kami mendirikan 9Months,” ungkapnya. Prilly masih tetap optimis bahwa bisnis butik hamil masih tetap cerah.

Butik seperti 9Months menyasar kalangan menengah atas. Keduanya secara khusus membidik wanita berusia 23 tahun-40 tahun yang memiliki status ekonomi B+ sampai A+.

Lebih lagi, kulit wanita hamil biasanya sensitif, sehingga butik pakaian seperti ini cenderung memilih bahan yang berkualitas tinggi agar nyaman dipakai oleh konsumen mereka.

Mengenai kisaran harga 9Months membanderol dagangan mereka dengan kisaran harga antara puluhan ribu sampai jutaan rupiah untuk satu potong baju hamil.

Guna menghimpun konsumen, 9Months menerapkan strategi pemasaran beragam. Misalnya saja, mengeluarkan produk baru dalam periode tertentu. “Malah tiap tiga minggu bikin model baru biar konsumen tidak bosan,” tutur Prilly antusias.

9 Months, yang butiknya terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Meski tidak bikin gerai, mereka memasok baju hamil bikinannya ke pusat perbelanjaan kelas menengah atas.

Selain mengepung konsumen dengan produk, mereka juga membikin keanggotaan tertentu. Misalnya saja, Gerai 9Months memberikan potongan 20% bagi pemilik privilege card. Ternyata, program diskon ini tergolong efektif dalam menarik minat konsumen. Saat ini Mothercare saja sudah memiliki 25.000 anggota.

Tidak hanya menjual baju hamil, biasanya butik juga menjual sepatu, aksesori, serta tas bagi wanita berbadan dua.

Selain itu, memberi garansi, seperti After 9 yang dilakukan oleh 9Months. Mereka membuka layanan untuk perubahan ukuran baju, setelah si ibu melahirkan. Jadi, baju yang sama bisa dipakai dalam waktu lama.