Selasa

Sekolah Mentari Jakarta

Akademis Tinggi, Trampil, dan Sikap

Sekolah Mentari Jakarta berkomitmen untuk mencetak putra-putri terbaik bangsa Indonesia di masa mendatang.

Sekolah Mentari di bawah naungan Yayasan Perkembangan Anak Indonesia (YPAI), mempunyai visi untuk memberikan alternatif pendidikan bagi anak-anak Indonesia yang tidak hanya akan memberikan persiapan yang diperlukan dalam bidang akademis yang tinggi, tetapi juga melengkapi mereka dengan keterampilan dan sikap yang dibutuhkan untuk bertanggung jawab secara sosial dan sadar sebagai anggota masyarakat.

Adapun misi Sekolah Mentari yaitu mengembangkan semangat siswa untuk selalu belajar sebagai generasi masa depan bangsa. Komitmen itu untuk meningkatkan intelektual, fisik, sosial, emosi, rohani, seni dan pertumbuhan mereka.

Berlokasi di Jl. H. Jian - Cipete dan Jl. Prigi – Bintaro, sekolah Mentari Jakarta berjategori sekolah nasional plus bertaraf internasional dengan kurikulum nasional, IB-MYP (Cipete), Cambridge IGCSE O level dan A level (Bintaro)

Jenjang Pendidikan

Sekolah Mentari meliputi Mentari Preschool, Sekolah Mentari Elementary, Sekolah Mentari Junior High, dan Sekolah Mentari Senior High.

Mentari Preschool bertujuan untuk mendidik siswa secara alami dengan menghargai kelebihan dan kemampuan anak yang berbeda, sehingga mereka dapat dengan bebas bereksplorasi, kreatif dan komunikatif.

Di kelas ini tersedia lingkungan yang memungkinkan setiap anak untuk mengembangkan sendiri potensi terbaik mereka, koorporatif untuk bekerja sama dengan orang tua, memiliki sikap positif dalam bekerja dan belajar, serta mengembangkan percaya diri, mandiri dan ekspresif.

Mentari Preschool menggunakan metode montessori dan The Brigance System yang memberi kepastian anak untuk dapat mengembangkan keterampilan dalam bidang kehidupan praktis, sensorial, bahasa, matematika, budaya, dan seni. Sebagai bahasa pengantar selain Inggris, diberikan pula bahasa Mandarin (mulai 4 tahun), Indonesia (mulai 5 tahun).

Jenjang berikutnya adalah Sekolah Mentari Elementary, anak-anak mendapatkan keterampilan dan pengetahuan sehingga mereka dapat hidup bersama dan memiliki kehidupan yang penuh makna. Anak-anak didorong untuk mengembangkan sikap santun, lemah-lembut, peduli terhadap lingkungan dan keinginan untuk belajar.
Selain itu anak-anak di beri pengetahuan mengenai warisan budaya dan menghargai budaya dan warisan orang lain. Bahkan anak-anak diberi peluang untuk tumbuh sebagai individu yang siap untuk menghadapi tantangan yang menawarkan hidup di lingkungan yang mendorong kebebasan bergerak, kebebasan memilih, disiplin diri dan kemerdekaan.

Sekolah Mentari Elementary menggunakan kurikulum yang mengintegrasikan kurikulum nasional Indonesia dengan British Curriculum, serta cara-cara pembelajaran terbaik di sekolah-sekolah internasional dan menggunakan berbagai metode pembelajaran untuk pencapaian tujuan pendidikan.

Sekolah Mentari Junior High, adalah tingkat sekolah selevel SMP, dimana menggunakan program IB Middle Years Program untuk SMP yang berlokasi di Jakarta. Sedangkan SMP Mentari yang berlokasi di Bintaro akan menggunakan program Cambrige IGCSE O level. Pada level tersebut, anak-anak kelas 9 dipersiapkan untuk mengikuti ujian nasional. Sekolah Mentari Junior High menyiapkan siswa untuk menjadi komunikator yang baik dan lancar dalam bahasa Inggris maupun bahasa Imdonesia.

Sekolah Mentari Senior High, menawarkan persiapan komprehensif untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, menekankan pada keterampilan hidup seperti: berani mengambil resiko, berani mengambil keputusan dan dapat memecahkan masalah serta peduli kepada lingkungan sekitar dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada kegiatan ekstra kurikuler, Sekolah Mentari Senior High akan menyediakan berbagai kegiatan yang akan memperkaya kegiatan belajar formal. Adapun kegiatan ekstra kurikuler yang ditawarkan antara lain: atletik, seni visual, seni pertunjukan, OSIS/ Student Council dan Community and Service.