Senin

Kantdra

Plafon Sentuhan Artistik

Selain eksterior mobil, interior mobil juga perlu diperhatikan. Sebagian pemilik mobil terkadang menganggap sepele keberadaan plafon yang tidak sedap dipandang mata.

Menurut pemilik Kantdra, Rony Sambara, penyebab plafon yang tidak sedap dipandang mata karena pudarnya warna, bergelembung, dan sobek. Kalau tidak diperbaiki, interior mobil menjadi terkesan tidak terawat.

Mereka yang peduli arti estetika interior mobil pasti merasa terganggu kenyamanannya walau hanya melihat sedikit sobekan kecil pada plafon mobilnya. Bagaimana tidak, di saat sedang bersandar di jok empuk di bawah kendali stir, namun dasbord dan plafon terlihat kusam, otomatis suasana hatipun menjadi tidak nyaman.

Memang, kondisi interior mobil terkadang luput dari perhatian pemilik mobil. Perhatian utama mereka adalah kondisi prima mesin terlebih dahulu. Wajar kiranya karena keberadaan interior mobil sifatnya hanya sebagai pemanis saja.

Kantdra, salah satu bengkel mobil yang menyediakan jasa perbaikan plafon dan jok mobil. Menariknya, Kantdra hanya menspesialisasikan perbaikan plafon untuk mobil keluaran Eropa.

“Plafon mobil keluaran Eropa terlihat ribet terlebih keluaran di bawah tahun 90-an, namun bagi saya di situ letak seninya dan itu tantangan ketika sedang memperbaikinya. Mendapat hasil yang bisa memuasakan klien adalah seperti mendapat kepuasan batin yang tidak bisa dinilai dengan uang,” aku Rony—penggemar motor tua.

Ada dua alternatif pilihan yang kami tawarkan ke konsumen mengenai perbaikan plafon. Pertama jika mereka menginginkan plafon orisinil sesuai bawaan mobil maka harus rela menunggu barang dari ATPM. Berbeda mereka yang mengganti plafon dengan kulit yang kami sediakan maka bisa langsung kami kerjakan. Untuk bahan plafon orisinil kami kasih garansi 2 tahun, sedang bahan kulit garansi 1 tahun. Mengenai biaya berkisar Rp 1,5 juta-Rp 2 juta.

Sementara itu dalam hal pengerjaan, plafon bermotif standar memakan waktu 4 jam, sedang plafon motif rumit memakan waktu satu malam. Ada 3 tahap pengerjaan plafon: pengeleman, pres, dan pemanasan. Ketiga tahap tersebut harus dikerjakan secara teliti dan hati-hati agar memperoleh hasil sempurna.