Sabtu

Tips Belanja Menjelang Lebaran

Tips Belanja Menjelang Lebaran

Persiapan menjelang Lebaran memang banyak perniknya. Untuk itu perlu persiapan yang matang dalam ketersediaan dana. Tetapi, tidak harus semua barang dibeli, sebaiknya, pertimbangkan kegunaan barang tersebut selepas lebaran. Nah, tips berikut perlu diperhatikan untuk mengendalikan ‘nafsu’ belanja anda.

1. Cermat dalam Pembelian
Mempersiapkan lebaran yang datang setahun sekali, harus sangat hati-hati. Banyak keinginan untuk tampil beda, membawa nuansa lain dalam perilaku belanja. Memborong sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan utama, bisa saja terjadi. Nah, dengan mencatat dan membuat daftar keperluan dengan skala prioritas akan membantu untuk mencegah pemborosan.

2. Usahakan untuk melakukan pembelian awal
Dengan membeli jauh-jauh hari segala keperluan lebaran, akan membuat anda lebih leluasa dalam melakukan pemilihan barang. Biasanya terjadi antrean panjang saat menjelang lebaran yang dapat saja memicu emosi anda (baik emosi belanja maupun emosi dalam arti kenaikan tensi).

3. Berhati-hati Mengeluarkan Uang
Meski mendapat Tunjangan Hari Raya (THR), pergunakan sebaik mungkin uang yang dengan sukarela diberikan oleh perusahaan tersebut dengan hal-hal yang bermanfaat. Meski perusahaan bertujuan untuk memberikan kesenangan kepada karyawan saat hari raya, bukankah lebih baik untuk dipergunakan sebaik mungkin. (Kecuali kalau memang tidak ada uang THR)

4. Perhitungkan Dana untuk Mudik
Bagi yang punya kampung dan berniat untuk mudik, sebaiknya direncanakan secara detail jauh-jauh hari. Terutama dana yang diperlukan, biasanya cukup besar. Kemudian moda transportasi yang akan dipergunakan, pribadi atau umum, dan lain-lain.

5. THR Untuk Pembantu dan Sopir
Selain mendapat THR dari perusahaan, ada baiknya juga untuk memikirkan THR buat pembantu atau sopir anda. Tidak ada peraturan tertulis untuk ini, memang, tetapi dengan memberikan THR bagi orang yang membantu aktifitas anda, akan membuat mereka dengan senang hati bekerja dengan anda.

6. Sistem Keamanan Rumah Memadai
Mumpung Lebaran dan berniat untuk mengganti-ganti aksesoris rumah, alangkah baiknya memasang sistem keamanan rumah yang lebih canggih. Pintu, lampu-lampu yang dapat dinyalakan dari jauh, pagar yang lebih kuat atau kalau perlu memasang kamera CCTV, akan membuat lebih tenang saat meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.
7. Anak-anak Diutamakan
Dalam memanage belanja lebaran, sebaiknya kepentingan untuk kebutuhan anak-anak harus didahulukan. Seperti belanja baju lebaran, sepatu, tas dan ‘sangu’ lebaran harus disiapkan. Nah, setelah itu selesai baru memikirkan kepentingan orang tuanya.

8. Sisihkan Dana Cadangan
Lebaran memang hanya sekali dalam setahun. Tetapi itu bukan berarti Anda harus menghabiskan seluruh tabungan untuk keperluan itu. Makanya, siapkan dan sisihkan dana cadangan selain untuk belanja lebaran. Pasti akan sangat berguna, karena hidup akan berlanjut seperti sedia kala saat lebaran usai. Nah, dengan memiliki dana cadangan, Anda akan melanjutkan aktifitas pasca lebaran dengan “speed” yang sama saat sebelum Lebaran. Begitu….