Senin

Modern Holistic Centre

Penyakit Sembuh Berkat Bekam

Bekam mengenal lebih dari 350 titik di seluruh tubuh. Namun, dalam praktik mengutamakan 12 titik, yang terletak di seputar kepala, leher, pinggang, dada, dan kaki.

Dari situ terdapat tiga titik utama yaitu ummu mughits dan dua titik qumahduah. Titik qumahduah dan ummu mughits itu titik utama yang selalu digarap dalam sebuah terapi bekam, ditambah sejumlah titik-titik lain sesuai keluhan pasien.

Modern Holistic Centre (MHC) misalnya, balai pengobatan alternatif di Pondok Labu ini memadukan bekam Timur Tengah dan akupuntur China. Bekam mengambil darah di dermis (kulit jangat) dan bukan pada pembuluh darah. Bagian tubuh yang merupakan titik-titik akupuntur terlebih dulu ditusuk-tusuk memakai jarum khusus bekam steril untuk sekali pakai.

Lalu dengan pompa pengisap, udara di mangkuk (cupping set) kemudian disedot perlahan-lahan. Akibat perbedaan tekanan udara, kulit akan terangkat dan darah kotor merembes keluar.

Setiap beberapa menit mangkuk dibuka dan nampak darah kotor berwarna merah-kehitaman menggumpal seperti marus lalu diseka menggunakan kapas. Bekam akan berhenti apabila darah sudah terlihat segar atau bersih. Proses tersebut satu jam lamanya.

Dalam konsep bekam, darah kotor adalah darah yang tidak berfungsi lagi, sehingga tidak diperlukan tubuh dan harus dibuang. Prinsipnya, tak ada bagian tubuh yang tidak bisa dibekam.

Banyak pasien telah merasakan manfaat bekam, sebuah terapi untuk mengeluarkan darah kotor dari tubuh guna mengusir berbagai keluhan penyakit atau sekadar menjaga kesehatan tubuh.

“Ciri bekam yang benar juga bisa dilihat dari tusukan jarum yang cukup lembut, sehingga tidak langsung keluar darah. Ketika mangkuk dicabut, juga tidak ada darah yang keluar lagi. Luka bekam juga tidak terasa perih di saat pasien mandi selesai berbekam. Luka tidak cukup dalam sehingga pasien diabetes pun dapat dibekam,” jelas terapis MHC, Sapto Hadi. ACPT.

Selain terapi bekam Modern Holistic Centre melayani juga terapi akupunktur, totok aura, ear candle, reflexology, natural herbal. Pun melayani deteksi penyakit dengan teknik palmulogy, kinesiology, dan iridiology.