Kamis

Warung Bali

Lezatnya Nasi Campur Bali

Selain memiliki banyak obyek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara, Bali juga kaya akan wisata kuliner. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Warung Bali (WB) menawarkan masakan khas Singaraja, Bali. Diantaranya, Nasi Campur Bali, Nasi Goreng Bali, Ayam Plecing, Ayam Betutu dan banyak lagi. Semua makanan asli Bali berani bermain bumbu terutama rempah, cabai, garam. Itu maka-nya makanan khas Bali dominan pedas. “Bagi yang tak suka terlalu pedas, pedasnya bisa kami stel sesuai selera. Dan Anda jangan khawatir semua makanan di WB berlabel halal,” jelas Pengelola Warung Bali, Koming.

Coba Nasi Campur Bali-nya, satu porsi berisi aneka lauk: lauk tum ayam, sate sapi, ayam suir, daging bumbu Bali (pedas), daging lapis (manis), telur, serundeng, dan sambal mentah (perpaduan cabai dan jeruk limauyang dirajang). Lebih pas disantap dalam keadaan hangat, rasanya lebih gurih dan lezat.

Lain lagi Ayam Plecing dan Ayam Betutu. Keduanya menggunakan ayam kampong. Bedanya, cara pengolahan Ayam Plecing dibakar dengan menggunakan bumbu merah selama 15 menit dan rasanya pedas.

Sedangkan Ayam Betutu dibaluri bumbu kuning dan daun singkong kemudian dikukus selama lebih kurang 3 jam. ”Maka-nya bagi Anda yang ingin menjajalnya kami sarankan memesan terlebih dahulu, agar supaya bisa langsung disantap ketika tiba di WB,” terangnya.

Tak hanya makanan khas Bali. Minuman penawar dahaga khas Bali disini harus dicoba misalnya Es Ancruk (bubur sumsum, printil, ketan, bubur sagu mutiara, biji delima muda, dan kolak pisang), Es Bir/Es Kelapa, dan Jegeg Punch (soda water). Kredit poin untuk Es Bir dan Jegeg Punch-nya, aroma rasa jeruk nipisnya manis-manis kecut.

WB belokasi di bilangan Jalan Pasar Jumat Raya, buka setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB.