Sabtu

Rodalink Pondok Indah


Pusat Sepeda di Pondok Indah
Kereta angin, atau yang dikenal sebagai sepeda adalah kendaraan multiguna. Setiap orang, pasti dapat mengemudikan sepeda dengan baik. Hanya saja, seiring perkembangan jaman kendaraan satu ini semakin ditinggalkan.

Kendaraan yang mempergunakan kayuhan kaki untuk menjalankan ini, ditinggalkan karena berbagai sebab. Salah satunya adalah kecepatan yang sangat bergantung kepada bagaimana kemampuan mengayuh pengemudi sepeda. Ini tentu sangat berbeda dengan kendaraan lain yang mempergunakan tenaga mesin.

Selain itu, gengsi naik sepeda juga lain dibanding dengan naik kendaran bermesin. Sehingga orang akan lebih memilih naik mobil atau angkutan kota untuk beraktifitas daripada naik sepeda. Apalagi untuk kota sekaliber Jakarta dengan aktifitas lalu lintas yang sangat padat, membuat bersepeda tidak nyaman.

“Tetapi belakangan berkembang trend untuk kembali menggunakan sepeda untuk beraktifitas. Seperti gerakan Bike to Work, para pekerja atau karyawan yang menggunakan sepeda untuk menuju tempat kerjanya,” kata Erwin, Supervisor Rodalink Pondok Indah.

Rodalink, lanjut dia, adalah usaha yang bergerak dalam penyediaan segala hal yang berkaitan dengan sepeda. Bermacam-macam sepeda tersedia di sini, seperti sepeda gunung, sepeda pantai, sepeda balap dan lain-lain.

Selain itu, tersedia juga berbagai macam aksesoris untuk sepeda maupun bagi pengendaranya. Seperti spot light untuk berkendara pada malam hari, sepatu, jaket, jersey (baju bersepeda), helm, pelindung kaki dan tangan, serta pernak pernik untuk sepeda. “Misalnya tutup pentil, rem, lampu depan dan belakang, pokoknya komplet deh,” ungkapnya.

Rodalink Pondoh Indah yang mulai beroperasi tahun 1998 ini, menjual sepeda dengan dua merk utama, yakni Polygon dan Kona. Dengan range harga antara Rp 600 ribu hingga Rp 30 juta untuk merek Polygon dan Rp 2 juta dan Rp 43 juta untuk merek Kona.

Melengkapi jualannya, Rodalink juga menyediakan layanan bengkel sepeda. Ini dimaksudkan untuk memberikan layanan tambahan bagi pelanggan yang datang dalam rangka memperbaiki sepeda atau memasang perlengkapan tambahan. Jasa servise ini meliputi penggantian spare part, pemasangan aksesoris, setel pelek dan lain-lain. “Pokoknya semuanya dapat kita tangani disini,” tuturnya.

Komitmen Rodalink dalam menggunakan sepeda sebagai bisnis utama patut diacungi jempol. Seperti ketika Indonesia menggelar hajatan konferensi PBB mengenai perubahan iklim di Bali, Rodalink mendukung gagasan komunitas Bike to Work yang mengadakan acara Bicycle For Earth Goes to Bali. Acara ini berupa kegiatan bersepeda dari Jakarta menuju Nusa Dua tempat berlangsungnya acara tersebut.

“Untuk menempuh jarak sejauh itu, tentu diperlukan sepeda yang sangat prima. Maka kami memberikan support dengan meng-upgrade komponen sepeda dari sekitar 20 sepeda peserta,” katanya, bangga.