Sabtu

MindLab Indonesia


Membuat Belajar Lebih Menyenangkan
Belajar adalah pengalaman, yang lain hanyalah informasi. Sepenggal kalimat ini adalah definisi belajar yang diberikan oleh ilmuwan termashur dunia Albert Einstein.

Tentu saja, ungkapan Einstein itu bukannya tanpa dasar. Dengan tingkat kejeniusan otak yang jauh melebihi rata-rata, apa yang dikatakannya tidak diragukan kebenarannya. Hanya, penerapannya pada dunia ‘orang biasa’ tentu perlu dijabarkan lebih lanjut.

Salah satu lembaga kursus di kawasan Pondok Indah yang menjadikan filosofi belajar dari Einstein tersebut adalah MindLab Pondok Indah. Di mana lembaga kursus franchise dari Inggris ini lebih memokuskan pada pembinaan anak sejak dini. Dengan menitikberatkan pada permainan anak, tetapi menggunakan metode yang sistimatis dalam membentuk karakter mereka.

“Karena dalam bermain, anak tidak hanya mendapatkan kesenangan tetapi juga belajar bekerja sama, kerja tim, pengetahuan peran, strategi dan taktik. Di MindLab permainan itu dibuat sangat sistematis yang tidak hanya memberikan kecerdasan untuk masa depan anak, tapi juga membuat masa depan anak lebih cerah,” kata Ravi M Melwani, Operations Director MindLab Indonesia.

Mindlab Indonesia, jelas dia, merupakan Program Pendidikan anak usia 4-14 tahun dengan kurikulum yang digunakan sangat bervariasi. Yakni dengan permainan dari seluruh dunia sebagai sarana untuk membantu anak, menemukan dan mengembangkan kesadaran, sosial dan ketrampilan menjaga emosi.

Juga bagaimana anak belajar memakai ketrampilan baru untuk prestasi pelajaran dan untuk kehidupannya. Yang dapat membantu anak belajar, mengembangkan dan menggunakan ketrampilan berpikir kritis.

Kekuatan terbesar dari program ini adalah membuat anak mengembangkan ketrampilan hidup dalam sebuah cara menyenangkan dan penuh dengan pengalaman, sambil mendorong mereka mempertajam proses berpikir.

“Seperti melatih dalam pengambilan keputusan, pengendalian diri dan tanggung jawab pribadi. Semuanya mengarah pada life skills, yang sangat berguna bagi anak-anak saat mereka dewasa nanti, dengan membentuk kebiasaan itu melalui permainan,” ungkapnya.
Mindlab sangat istimewa, membantu anak dalam mengembangkan perhatian terhadap emosi, perhatian terhadap etika dan memahami kerjasama dari kebudayaan sosial. Mindlab diberikan untuk anak dari semua kategori, dalam hal bakat dan minat khusus yang dibutuhkan, mengembangkan berbagai macam bakat dan kecerdasan.

Mindlab digunakan secara internasional dengan lebih dari 1.000.000 murid di lebih dari 30 negara. Lebih dari 90% sekolah berpartisipasi mendirikan program ini dan juga sangat efektif untuk mereka gunakan dalam kurikulum inti, disamping dalam hal ilmu pengetahuan, ilmu pasti dan pembacaan. “Jadi dapat mendukung anak dalam hal pelajaran akademis,” katanya.