Jumat

Helen’s Fine Food & Patisserie

Benar-benar Fine

Banyak tempat makan menawarkan berbagai macam makanan enak. Dengan berbagai label yang dianggap dapat menggugah selera, mengundang orang untuk mencicipi. Tetapi, bila hanya label dapat saja membuat orang terkecoh.

Tetapi bila Anda mampir dan mencicipi makanan dan aneka macam cake di Helen’s Fine Food & Patisserie, tidak akan terkecoh. Karena seluruh sajian di bistro ini dijamin lezat, nikmat, fresh dan membuat ketagihan.

“Untuk menjaga kualitas, bahan yang kami pergunakan adalah bahan-bahan import semuanya. Tepung berasal dari Jepang, coklat dari Prancis yakni Cacao Berry. Ada juga pure vanilla extract dan biji vanila. Tidak menggunakan vanilla essence yang memakai pengawet,” kata Helen Sutanto, chef sekaligus pemilik Helen’s Fine Food & Patisserie.

Berbeda dari restoran atau usaha bidang makanan lainnya, biasanya pemilik mempercayakan pada chef untuk mengolah makanan. Sementara Helen memilih menangani langsung proses pembuatan makanan di bistro miliknya. Hal ini dilakukan untuk menjaga taste yang telah melekat dengan namanya, menjadi standard sesuai dengan arahannya.

Tentu saja karena setelah lulus jurusan ekonomi di Michigan, Amerika, ia menggali ilmu kuliner di French Culinary Institute. “Hampir semua bahan-bahan selalu saya test dan saya coba dulu sebelum dipilih sebagai menu. Hanya bahan-bahan berkualitas dan bagus yang saya pakai untuk tiap sajian,” jelasnya.

Saking kuatnya dalam menjaga keaslian taste dari kreasi-kreasinya, Helan tidak berani mencoba menggunakan bahan makanan lokal. Karena menurut dia, secara kualitas bahan makanan lokal, meski berlabel organik sekalipun masih menyisakan rasa pahit. Sehingga, untuk salad yang sebagian besar restoran di Indonesia menggunakan sayur-sayuran lokal, di Helen’s semua produk import.

Luar Ruang

Begitu memasuki Helen’s Fine Food & Patisserie, pengunjung langsung dihadapkan pada nuansa makanan. Dengan lemari pendingin panjang berisi aneka cake potong dan utuh langsung menyita perhatian. Masih ditambah dengan aroma harum kue yang sedang dipanggang menebar dari dapur terbuka yang ada di area lantai satu toko ini.

Sementara di sisi tengah dan sudut terdapat beragam jenis roti manis dan roti tawar yang fresh hangat langsung dari oven. Di lantai ini terdapat beberapa meja untuk menikmati kue-kue atau minuman yang diinginkan. Apabila ingin suasana lain dengan menikmati hangatnya matahari pagi atau hembusan angina dan temaram cahaya bulan, pengunjung dapat makan di ruangan terbuka.

Sementara, di lantai dua berupa restoran dengan nuansa lembut romantis sekaligus klasik mendominasi tata ruang resto yang berkapasitas sekitar 20 tempat duduk. Kursi berwarna krem, meja bertaplak damask putih dan chandelier krem memberi sentuhan Eropa yang modern. Di dua sisi dinding berwarna cokelat tua, tergantung sertifikat 'New York Bartending School' dari Helen Sutanto, chef sekaligus pemiliknya.

Selain itu, Helen’s juga menyediakan layanan khusus yakni pembuatan tailor made dengan personalized cakes. Layanan ini berupa dekorasi kue oleh Helen sendiri sesuai dengan keinginan pembeli, seperti untuk acara pernikahan atau pun pesta ulang tahun. “Kami sesuaikan dengan permintaan customer,” katanya.