Jumat

Grand Central Dim Sum & Sea Food Resto

Makanan Laut Di Tengah Pesta Perkawinan

Sajian dalam pesta pekawinan bisa bermacam-macam, tergantung dari keinginan dan kemampuan dalam menyelenggarakan pesta tersebut. Kalau di rumah, meski menggunakan jasa katering, biasanya tidak jauh-jauh dari siomay, bakso, laksa, kambing guling, sate dan lain-lain.


Sementara kalau pesta diselenggarakan di gedung, bermacam-macam menu makanan tersedia. Mau tradisional, western maupun Asia, tinggal melihat kemampuan kantong. Nah, apabila Anda menginginkan sebuah jamuan yang berbeda saat menikah, Grand Central Dim Sum & Sea Food Resto, adalah jawaban yang tepat.

“Restoran kami menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pesta penikahan. Dengan gedung dua lantai, yang dapat disulap untuk tempat pesta, daya tampungnya mencapai 500 orang, untuk standing party dan 300 orang dengan table,” kata Hawinoto, pengelola Grand Central Dim Sum & Sea Food Resto.

Untuk pesta, lanjut dia, ruangan restoran yang dapat dipergunakan untuk keperluan itu terdiri dari dua lantai. Lantai satu dan dua dapat disulap menjadi sarana pesta pernikahan dan ulang tahun. Tetapi bila hanya mengundang tamu dalam jumlah terbatas, lantai dua yang terdiri dari tiga ruangan, dapat dimanfaatkan untuk pesta semacam itu.

Sementara pada hari-hari biasa ruangan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian dipisahkan dengan sekat untuk private room. Ruangan ini juga dilengkapi dengan fasilitas karaoke yang dapat dimanfaatkan pengunjung. “Kalau lagi ada pesta pernikahan, sekat bisa diangkat sehingga kapasitas dapat meningkat,” kisahnya.

Dari segi biaya, jelas dia, untuk pesta pernikahan terdiri dari dua paket mulai dari Rp 22 juta sampai dengan Rp 25 juta. Kedua paket tersebut sangat lengkap untuk ukuran penyelenggaraan pesta pernikahan. Terdiri dari konsumsi untuk 400 orang seharga Rp 32 ribu dengan enam macam menu dan minuman.

Kemudian baju pengantin untuk kedua mempelai yang dapat dipilih modelnya sesuai dengan keinginan. Selain itu riasan pengantin dari salon terkenal juga tersedia. Paket termasuk foto liputan, video shooting, mobil pengantin Baby Benz, organ tunggal yang terdiri dari alat musik, organis, penyanyi dan MC. “Di dalamnya juga termasuk kartu undangan, ucapan terima kasih dan buku tamu,” katanya.

Dim Sum dan Makanan Laut

Grand Central sendiri adalah restoran yang cukup lama malang melintang dalam dunia kuliner di Jakarta. Di awali membuka usaha di daerah Tanjung Priok puluhan tahun lalu, usaha ini kemudian dikembangkan oleh anak-anak pendirinya. Kemudian berkembang menjadi beberapa cabang di seluruh Jakarta.

Ciri khas dari restoran ini adalah lebih banyak menyajikan masakan laut, Chinese food dan kudapan lainnya seperti dim sum. Hanya, pada Grand Central pengembangannya jauh melebihi restoran Central yang lain. “Hanya di restoran ini ada tambahan nama Grand, sementara yang lain bernama Central saja,” lanjut Hawinoto.

Sebagai restoran, jelas dia, Grand Central tidak hanya sebagai penyelanggara pesta pernikahan saja. Tetapi pelanggan dapat datang setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 10.00 malam. Pada hari-hari biasa, banyak menu-menu masakan laut yang dapat dinikmati dengan rasa yang sangat lezat.

Seperti lobster tumis, ikan malas atau krapu tim, Angsio hisit daging kepiting, ikan ala Penang, ikan goreng ala Thai, salad udang, udang pancet lada hitam dan lain-lain. Sementara untuk dim sum, bakpao bakar dapat dicoba selama minum teh. “Semua masakan diolah oleh chef yang kami datangkan dari Malaysia,” katanya.

Meski menyajikan masakan China atau Chinese Food, Grand Central tidak menyajikan menu yang mengandung daging babi. Hal ini dimaksudkan untuk lebih dapat menjangkau pelanggan lebih luas dan menghormati warga kawasan yang kebanyakan menganut keyakinan muslim. “Setifikat halal memang belum ada, tetapi saya jamin menu di sini no pork, tidak mengandung daging babi,” jelasnya.