Senin

Gold Pralines

Pralines Rum-nya Juara

Walaupun diolah sedemikian rupa ciri-khas rasa cokelat yang gurih dan lezat tetap saja melekat. Variasi bentuk dan rasa cokelat pun kian beragam. Cokelat berbentuk seperti permen misalnya, tampilannya membawa kesan ekslusif apabila ditaruh dalam toples dan disandingkan bersama kue kering pada meja tamu di saat Lebaran nanti.

Gold Pralines (GP), penyedia cokelat bermotto “delicious handmade chocolate” ini adalah spesialis praline dan truffle. Kedua jenis cokelat tersebut mempunyai isi di dalamnya, yang berbeda hanya bentuknya saja. Kalau pralines mempunyai beragam tampilan menarik hasil cetakan, sedang truffle yang bulat dan terbungkus alumunium poil dibentuk secara manual dengan tangan. Pralines mempunyai 15 pilihan rasa dan truffle 9 pilihan rasa.

Dari sekian rasa, pralines rasa rum dan kopi menjadi pavorit konsumen. Pralines rasa rum, berasa renyah juga lembut saat digigit. Ketika dikunyah dan hancur di lidah percampuran rasa manis-pahit dan rum-nya “menendang” sekali. Tak jauh berbeda dengan truffle, perpaduan rasanya pahit-manis dan gurih.

Pemilik GP, Yanti Satria yang pengila cokelat ini meramu sendiri isi praline dan trufflenya. Ia-pun menggunakan bahan-bahan impor guna menjaga kualitas produknya. “Bahan baku selain cokelat memang saya impor. Itu untuk menjaga kualitas dan rasa . Alhasil, harga pralines agak sedikit mahal, namun soal rasa boleh diadu” jelas Yanti.

Perihal harga, Yanti mematok harga pralines berkisar Rp 5000/1 item pralines hingga Rp 65 ribu/15 item yang dikemas dalam kotak kecil. Atau dalam kotak standar berisi 30–40 item pralines dengan harga berkisar Rp 135 ribu-Rp 200 ribu. Tersedia juga 25-100 item pralines dalam exquisite gift box, harga mulai dari Rp 145 ribu-Rp 500 ribu.

“Memang pralines maupun truffle masih terkesan penganan ekslusif. Tak heran, mereka yang memesan hanya untuk acara-acara spesial saja. Misalnya, Valentine, ulang-tahun, kenaikan jabatan, pernikahan, dan hari-hari besar keagamaan. Saat menjelang Lebaran dan Natal, pesanan praline bisa mencapai 2-3 kali lipat dari hari biasa. Pun stok praline kami perbanyak untuk mengantisipasi lonjakan permintaan,” tegasnya.