Jumat

Hujan

Berkah Hujan

Selain membawa bencana, hujan juga banyak manfaatnya. Bukan saja para petani di desa yang dapat memanfaatkan rahmat dari alam, tetapi orang kota juga mendapatkan keuntungan.

Seperti terlihat pada foto di atas, sekelompok pekerja sedang menyelesaikan pengerjaan galian kabel di depan Pondok Indah Mall. Dengan datangnya hujan, maka akan sangat memudahkan pekerjaan mereka. Karena hujan membuat tanah yang biasa keras untuk digali, menjadi empuk dan mempercepat pekerjaan mereka.

Proyek-proyek pekerjaan seperti ini, biasanya dilakukan oleh instansi-instansi seperti PLN, Telkom, kabel optik dari beberapa provider dan busway. ”Susahnya, tanah yang basah akan menjadi lengket ketika digali pakai cangkul, tapi mending daripada saat kemarau,” kata salah seorang pekerja sambil membersihkan cangkulnya.

Nampaknya, ketika hujan datang dan tanah hasil galian meluber ke jalanan terbawa air tidak menjadi pertimbangan. Sehingga menyebabkan jalanan menjadi licin dan berbahaya. Selain itu, pengerjaan proyek semacam ini dilakukan pada saat jam-jam sibuk yang mengakibatkan kemacetan parah dan berkepanjangan