Rabu

Hobby Motor

Bagi Para Penggila Motor
Saat ini, motor merupakan sarana utama alat transportasi. Meninggalkan mobil dan angkutan umum lainnya. Selain murah, motor juga dapat membawa pengendara menempuh perjalanan lebih cepat.

Lain halnya jika motor lebih kepada hobby, yang mampu membuat para penggila motor semakin bangga dengan tunggangannya. Selain sebagai sarana transportasi, motor juga dapat meningkatkan ‘prestise’ pemiliknya.

Salah satu usaha yang menyediakan pelbagai kebutuhan motor di Pondok Indah adalah Hobby Motor. Dengan bertempat di lokasi elit kawasan ini, membuat para penggila motor dapat memuaskan keinginan terhadap motor-motornya.

“Kami menyediakan berbagai merek motor di atas 200 cc. Segmen penggemar motor ini, semakin banyak di Indonesia. Kalau dulu hanya merek Amerika dan Eropa, sekarang pilihan semakin banyak dengan masuknya pabrikan Jepang,” kata Michael, pemilik Hobby Motor.

Dengan adanya merek Jepang, lanjut dia, membuat harga motor semakin terjangkau. Bila motor besar Amerika dan Eropa pada kisaran harga di atas Rp 200 juta, motor besar Jepang bisa di bawah harga itu. Meskipun begitu, harga motor di Hobby Motor berkisar antara Rp 89 – Rp 500 juta.

Besarnya minat terhadap motor Jepang terbukti dari penjualan di Hobby motor yang relatif stabil. Baru dua tahun berjalan di Pondok Indah, setiap bulan rata-rata 5 – 7unit motor terjual. “Itu untuk motor cc kecil dan sedang, sementara untuk motor besar 3 – 4 unit terjual,” ungkapnya.

Ada empat model motor yang dijual di Hobby Motor yakni trail, skuter, sport dan ATV, semuanya dari yang ber-cc kecil sampai besar. Kebanyakan masyarakat Jakarta menggemari motor trail yang banyak berguna saat jalanan terendam air karena banjir.

Sementara model lain, hanya pada kalangan tertentu saja penggemarnya. “Sekarang orang Jakarta rela untuk berpanas-panas memakai motor, daripada bermacet-macet naik mobil,” katanya.

Selain motor, lanjut dia, Hobby juga menyediakan bermacam-macam aksesoris pelengkap motor. Seperti knalpot, stripping motor, helm serta spare part dan jasa bengkel perawatan.

Untuk bengkel, kisah dia, dikerjakan langsung oleh mekanik yang didatangkan dari Jepang. Sementara mekanik lokal, setiap enam bulan sekali mendapat training di negeri matahari terbit tersebut. Ini merupakan bentuk tanggung jawab dari Hobby Motor, yang tidak dapat menyerahkan begitu saja motor seharga ratusan juta kepada orang-orang yang tidak kompeten.

Hanya saja, spare part tidak ready stock di Hobby Motor, para penggila motor harus indent selama tiga sampai empat hari. Karena semua spare part harus didatangkan langsung dari negeri pembuatnya, yang memerlukan waktu dalam pengiriman. “Jadi harus menunggu deh,” pungkasnya.

Anonim mengatakan...

Selasa, 09/12/08 03:18

Keluhan Showroom HOBBY MOTOR

Hallo bang bang OTO...makin menarik aja isinya...palagi dah ada majalah khusus motornya... gitu donkkk.. jangan ada perbedaan perlakuan antara konsumen kendaraan roda 4 dan 2... BRAVO..!!! btw saya mau berkeluh kesah niyy tentang pelayanan toko HOBBY MOTOR yang beralamat di Jl. Sultan Iskandar Muda (Arteri Pondok Indah) NO. &E-F Jakarta Selatan - INDONESIA. Terus terang saya SANGAT KECEWA SEKALI dengan pelayanan yang diberikan.

Berawal dari saya membeli motor jenis SOIB 250 tertanggal 1 November 2008 saat saya pertama kali liat dan menanyakan tentang prosedur pembelian motor sudah SANGAT MENGECEWAKAN. dari pelayanan showroomnya yang menjawab asal apa yang saya tanyakan lalu dari asal pembuatan motor ini, yang katanya dibuat di KOREA ternyata dibuat di CHINA..

ini jelas sekali dengan tindakan HOBBY MOTOR mencopoti emblem-emblem tulisan CHINA pada motor SOIB (namun ada beberapa yang belum dicopoti sehingga saya tau) ini menurut saya kegiatan jual-beli yang kurang transparan ataun dengan kata lain PENIPUAN belum lagi sepeda motor yang diperjualbelikan belum disiapkan secara baik sehingga yang terjadi sepeda motor yang akan diberikan kepada konsumen belum ter"setting" dengan baik, baik dari mesin dan kaki-kaki (shock depan dan belakang) katanya awalnya akan disetting setelah pembayaran pertama, namun kenyataannya pihak mekanik HOBBY MOTOR tidak mau melayani saya.

PARAHnya lagi.. saat saya akan membayar uang muka, dijanjikan surat-surat akan diselesaikan secepatnya katanya paling lambat 3 minggu setelah transaksi pertama namun kenyataannya hingga hari ini (4 Desember 2008) yang dijanjikan belum juga dipenuhi setiap kali saya tanya pasti jawabnya 1 minggu lagi..

laLu 1 minggu lagi hingga kini setelah saya desak dan setelah saya konfirmasi langsung dengan biro pengurusan suratnya ternyata SURAT-SURAT BARU DIURUS TANGGAL 20 NOVEMBER 2008 belum lagi selama menunggu surat-surat, motor saya harus ditempatkan di HOBBY MOTOR dan selama saya datang ke sana untuk mengecek surat (sekalian mengecek keadaan motor saya), ternyata MOTOR SAYA DIPAKAI DAN KEADAANYA TIDAK BAIK...

ini terbukti dengan kick staternya yang macet karena dibongkar oleh pihak HOBBY tanpa seijin saya belum lagi body motor saya yang kotor.. belum lagi body saya yang lecet/ baret entah kenapa... dan setelah saya komplain tentang hal itu pihak HOBBY tidak mau mengganti rugi sekali lagi SAYA SANGAT KECEWA dengan toko HOBBY MOTOR ternyata walaupun penjualannya meliputi motor-motor gede yang notabene harganya selangit, ternyata PELAYANANNYA KALAH ma toko SUPERMARKET biasa...

demikian keluh kesah saya bang OTO mohon dilampirkan untuk koran edisi berikutnya agar menjadi pembelajaran pada yang lain untuk lebih berhati-hati dalam memilih dealer saat pembelian motor. terima kasih bang OTO... BRAVO OTOMOTIF..!!!!

MADA AMATORI
KELAPA DUA, CIMANGGIS

Anonim mengatakan...

Ya emang begitulah kelakuan hobby motor, liat aja mulai dari yg digarda depan si pemilik yg sekaligus jadi marketingnya juga. Sumpah deh gak konsekuen omongannya, belum lagi ditambah dengan karyawan-karyawannya yg males-malesan kerjanya. Gw bener-bener nyesel pernah jadi konsumen hobby motor, urusannya juga gak beres. Pokoknya gak rekomend deh sama yg 1 ini !!

Anonim mengatakan...

Jadi perihatin liat pengakuan si agan sebagai pembeli di hobby motor, makasi nice infonya gan, untuk pengalaman yg lainnya juga. Salam hangat untuk semua pecinta motor trail.